Tuesday, August 5, 2014

Proses Perpanjangan SIM



Udah lama ga posting nih. Sebelumnya ane ucapin mohon maaf lahir batin jika dalam artikel yang ane posting ada kesalahan maupun ada yang merasa dirugikan.

Oke kali ini ane share lagi pengalaman ane tentang Perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang mungkin bisa membantu agan-agan sekalian jika ingin memperpanjang masa berlaku SIM nya.
Hal pertama yang harus diperhatiin adalah masa berlaku SIM tersebut. Untuk memperpanjang setidaknya masa habis kurang dari 1 (satu) tahun. Untuk proses perpanjangan bisa dilakukan langsung dipolres ataupun mobil layanan SIM keliling. Ada baiknya kalian cek dulu lokasi SIM keliling diwilayah kalian. Mungkin aja ada yang deket. Kebetulan lokasi ane Depok dan kebetulan lagi SIM keliling hari selasa ada di depan RRI Cimanggis. Ane tadi menuju loksai jam 10. Ternyata lumayan rame tapi ga padet banget. 

Siapin SIM asli dan fotocopy KTP 1 lembar lalu serahkan ke petugas, nanti akan diberi formulir. Kalo ga ada fotocopy KTP, disana ada petugas yang melayani fotocopy dengan mesin print. Tapi ane ga tau itu bayar apa gratis. 
Isi formulir seperti yang disarankan petugas, lalu serahkan kembali ke petugas itu. Ketika penyerahan formulir tadi kita disuruh tanda tangan pada kertas polos, lalu kertas itu kita pegang. 
Nunggu lumayan lama sekitar 1 jam-an. Nanti akan ada pemanggilan melalui speaker, lalu kita masuk dalam mobil SIM tersebut. Satu kali panggilan biasanya 5-7 orang. Didalam mobil kita menunggu lagi untuk proses foto. Ada juga kaca untuk berdandan merapihkan diri sebelum foto. Ketika tiba giliran untuk proses foto, beri kertas yang kita tandatangani tadi ke petugas lalu si petugas akan menyebutkan dan mengkroscek data kita. Setelah itu proses sidik jari jempol kiri dan jempol kanan lalu difoto. Lalu kita tunggu dipetugas satunya (masih dalam mobil) untuk mengambil SIM dan proses pembayaran. Untuk SIM C ane kena 150 ribu. Setelah SIM jadi kita bisa melapisi lagi dengan laminating di petugas fotocopy tadi tentunya dengan biaya tambahan. Ane sih ga dilaminating lagi.

Untuk lokasi SIM keliling Depok ane dapet di www.depokontime.net

Senin : Giant Bojongsari Jl. Raya Ciputat
Selasa : RRI Cimanggis Samping RS Sentra Medika
Rabu : Depok Town Center (DTC)
Kamis : Mall Cinere
Jum'at : Depok Town Square (Detos) deket ATM center
Sabtu : Margo City
Minggu : SPBU Pondok Cina

Jam operasiaonal 08:00-12:00

Layanan SIM malam : ITC Depok (16:00-20:00)

Layanan SIM keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan C.
Pembuatan SIM baru atau SIM yang masa berlakunya habis lebih dari 1 tahun hanya bisa di proses di polres setempat.

Keterangan lebih lanjut (+6221) 9914-054
Twitter : @restadepok

Oke sekian semoga membantu ^^

2 comments:

wew.. 150K.. mayan tuh..
kalo untuk bayar pajak kendaran share juga donk.. ^_^
makasih infonya..

150k buat 5 tahun dikit lah. nabung 30rb setahun. hehhe. ok ditunggu postingan selanjutnya.

Post a Comment