Friday, June 20, 2014

Perbaikan Pada CPU

Sekedar share pengalaman aja. Once upon a time (etdah) pada suatu hari maksudnya. Kebiasaan ane dulu ga pernah cabut kabel power cpu punya ane. Sampe satu ketika langit mulai gelap, angin berhembus kencang, petirpun mulai menggelegar. Tidak lama, listrikpun padam. Beberapa jam kemudian listrik kembali menyala. Keesokan harinya ane niat maen komputer.

Waktu ane pencet tombol powernya.. tiba-tiba MCB listrik dirumah turun (istilahnya "jepret"). Ane benerin switchnya tapi masih jepret. Trus ane cabut dulu kabel power cpu nya. Ane benerin lagi switch MCB. Lalu ane pasang lagi kabel cpu trus ane teken lagi tombol powernya. Ehhh jepret lagi. Coba ane bongkar cpu dan menggantinya dengan power yang lain ternyata normal. Ternyata power cpu nya memang ada yang tidak bener. Dan bisa disimpulkan power tersebut RUSAK !!

**DISCLAIMER**
*Langkah-langkah yang admin jelaskan berdasarkan pengalaman pribadi tidak selalu berhasil, walaupun permasalahan sama namun terkadang penanganannyapun berbeda. Butuh pengawasan dari yang ahli bagi yang tidak biasa melakukannya. Jika terjadi sesuatu maka itu diluar tanggung jawab admin blog ini.*

Opsi yang muncul :
1.Membongkar power (jika ente ngerti tentang elektronika / membawanya ke tempat servis) dan mengecek apakah ada komponen yang rusak lalu mengganti komponen yang rusak tersebut
2."ide mentok" bagi orang awam yaitu dengan membeli baru.

Ane pilih opsi kedua karena ane khawatir jika memilih opsi pertama walaupun sudah bener hasilnya nanti kurang optimal. Singkat cerita udah kebeli tuh power baru. Setelah ane pasang trus ane teken tombol power, cpu menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Satu masalah muncul lagi. Cpu nyala tapi tidak ada bunyi beep dan tidak ada tampilan dilayar monitor. Rasa pusing itupun menghampiri kembali. Coba tanya-tanya sama om gugel. Jawaban-jawaban tersebut malah bikin ane makin pusing kepala. Ada yang bilang RAM nya, VGA sampe Motherboard. Walahhhhhhhh. Kalo sampe motherboard yang kena bisa nguras atm lagi ini mah.

Yang ane lakuin adalah :
*Dalam membongkar pasang, cpu dalam keadaan mati dan tidak terhubung pada aliran listrik. Pakailah APD (Alat Pelindung Diri) seperti gelang anti static jika diperlukan.*
1.Membongkar semua komponen di cpu, membersihkannya dan memasangnya kembali. Cek juga perkabelannya.
2.Jika ternyata belum membuahkan hasil, coba cabut RAM dari soketnya lalu nyalakan kembali tanpa RAM.
3.Jika terdengar suara beep, ingat dan catatlah apakah beep panjang, pendek atau kombinasi keduanya.
4.Tanyakan kembali pada om gugel tentang arti beep cpu. (kebetulan arti beep cpu ane tentang RAM)
5.Bersihkan pin RAM dengan menggunakan penghapus lalu pasang kembali disoket yang berbeda (keadaan cpu off).
6.Pasang dengan benar RAM tersebut dan nyalakan kembali cpu.

Butuh berkali-kali buat ane mengulang langkah 5 dan 6. Dan akhirnya pc ane normal lagi.

Tips dari ane :
1.Biasakan mematikan switch power cpu dan mencabut kabel power jika tidak digunakan.
2.Letakkan cpu pada tempat yang minim guncangan dan terlindung dari air.
Karena terkadang jika cpu terkena guncangan, akan ada beberapa komponen / kabel dalam cpu yang kendor.
3.Jangan terburu-buru berasumsi ada komponen yang rusak sebelum benar-benar pasti.
4.Lakukan sistem "kanibalisme" (tidak disarankan untuk amatir) untuk mengecek apakah komponen tersebut benar-benar rusak.
5.Solusi terakhir adalah serahkan pada yang ahli dibidangnya jika kalian tidak sanggup ^^V

0 comments:

Post a Comment