Friday, August 29, 2014

Belajar Photography : Light Painting


Untuk yang kedua kalinya neh ane posting tentang fotograpi. Kali ini ane bakalan membahas tentang Light Painting. Yap, teknik Light Painting ini berarti seni melukis dengan media cahaya. Yah walopun ane juga masih belajar tapi hasilnya not bad lah. hehe. Teknik ini pada dasarnya memanfaatkan shutter speed yang terdapat pada kamera. Untuk kamera pocket mungkin terbatas tidak lebih dari 30 detik. Namun pada kamera SLR bisa diatas 1 menit (pastinya ane gatau). Oke langsung aja ke TKP!!


Peralatan :
1. Kamera pastinya (ane pake Canon 1000d)
2. Sumber cahaya (ane pake fitur senter android yang warnanya bisa diganti dengan mengusap layar kekiri atau kekanan)
3. Shutter release (optional)
4. Tripod (optional)

Langkah-langkah :
1. Setting kamera : mode manual, lensa manual fokus (MF), shutter speed lama (mode BULB), iso 100, apperture F4.0-F8.0 (ane pake F6.3).
 
2. Satu orang sebagai painter (pelukis) satu orang menahan tombol shutter.
3. Ketika mulai menekan tombol shutter (tahan, jangan dilepas sampai proses melukis selesai), mulailah melukis. Sang pelukis jangan membelakangi kamera. Gerakan melukis juga usahakan konstan.
4. Kalo sudah selesai melukis, lepas tombol shutter.
5. Lihat hasilnya.

Untuk hasil yang optimal sebaiknya menggunakan tripod dan kabel shutter release untuk meminimalisir guncangan pada kamera.
Karena guncangan sekecil apapun pada shutter speed yang lama akan mengakibatkan gambar sekeliling menjadi blur.
Sebaiknya juga ditempat yang minim cahaya.
Background blur karena guncangan (tanpa tripod, hanya dengan tangan)

Mohon koreksi jika ada kesalahan, ane juga masih belajar ^^
Berikut beberapa hasilnya yang ane sama temen ane bikin.

motif abstrak
  
niatnya sih bikin air mancur hehe

HUT RI ke 69 dengan bendera merah putih
Background tidak blur (kamera diletakkan dimeja)

0 comments:

Post a Comment