Friday, March 22, 2013

Membuat Layout di PCB


Pertama buat dahulu sketsa jalur untuk PCB dari skema rangkaian.
Jika jalur sudah fix, lakukan design pembuatan layout PCB dengan menggunakan software (bisa menggunakan Ares dari Proteus atau Diptrace atau software lainnya)

Lalu print out layout hasil design.

Kendala yang dialami disini adalah ketika hasil print out tidak sesuai dengan jarak kaki komponen (patokan adalah kaki dari soket IC)
Hasil print out asli terlalu besar ukurannya.

Hasil resize fotocopy dari 100% ke 95% terlalu kecil.
Hasil resize fotocopy dari 100% ke 98% pas.




Update : skala layout tidak seperti aslinya mungkin dikarenakan ane konvert ke PDF/Word. Sebaiknya jika laptop/PC terhubung printer langsung saja dari aplikasi Diptrace File>print. Ane dah coba dari Diptrace langsung ke Printer dan hasilnya bagus, skala sama dan jalur tidak blur seperti jika dikonvert ke PDF/Word. Maklum ane kan ga punya printer, jadi mesti diprint dirental itu juga mesti dikonvert dulu ke PDF/Word karna rental ga mungkin punya software Diptrace hehe.

Setelah jalur fix dengan kaki komponen lakukan fotocopy bening di plastik mika high temperatur (bilang aja ke tukang fotocopynya fotocopy bening,harganya sekitar 1000-2000 Rupiah per lembar)
Siapkan PCB polos, bersihkan lapisan tembaga dengan sabun lalu keringkan. Kemudian sikat dengan sikat kawat atau pembersih panci.

Lalu tempelkan hasil fotocopy bening itu diatas lapisan tembaga PCB.Kemudian gosok dengan setrika (tidak usah di alasi karena plastiknya high temp alias tahan panas. tapi bukan berarti ga bisa meleleh loh) sampai sekiranya jalur sudah menempel di PCB.
Terlihat kerutan di plastik setelah terlalu lama disetrika

Diamkan beberapa saat lalu lepas plastik secara perlahan. Jika ada jalur yang belum menempel lakukan penyetrikaan lagi.
potong PCB sesuai yang diinginkan dengan pisau cutter

Jika ada jalur yang terputus atau tidak sempurna lapisi manual dengan spidol permanen.
Siapkan Feridchlorida (bisa dibeli ditoko kimia, harga 1 ons sekitar 6000 Rupiah).

Tuangkan air panas di wadah plastik secukupnya asal PCB terendam lalu masukkan Feridchlorida kira-kira 1-2 sendok aja jangan banyak-banyak. (buat safety pake masker yah).
----INGAT!! WADAH PLASTIK----

Setelah tercampur masukkan PCB yang sudah tersablon layout tadi (posisi sablonan diatas).
Lalu goyangkan secara beratur wadah itu agar lapisan tembaga terbilas oleh larutan Ferid tersebut. Nanti beberapa saat lapisan tembaga akan menghilang dan hanya menyisakan lapisan yang disablon tadi.



----FERIDCHLORIDA ADALAH PELARUT LOGAM, JANGAN SAMPAI TERKENA BENDA BERBAHAN LOGAM LAINNYA. JIKAPUN TERKENA KULIT TIDAK TERLALU BERBAHAYA(BILAS DENGAN SABUN)----

Jika proses pelarutan selesai, sisa larutan Ferid jangan dibuang karena masih bisa digunakan. Miringkan posisi wadah supaya tembaga yang larut tadi terendap lalu tuangkan larutan di botol plastik (endapannya buang)
Setelah proses pelarutan lapisan tembaga selesai, bersihkan dengan air dan sabun sambil digosok dengan pembersih panci/wajan.

Ini hanya satu dari sekian teknik membuat layout di PCB. Teknik manual adalah dengan menggambar langsung jalur di PCB dengan menggunakan spidol permanen. Teknik lainnya dengan cetak sablon. Dan masih banyak lagi.

Modul PCB DOWNLOAD

3 comments:

ilmu nya very very amazing .. hahaha
thanks yaa

gan klo untuk gambar yang pertama itu pke software apa ya?

Post a Comment