Saturday, May 24, 2014

Speedometer Satria FU Mati

Awalnya iseng-iseng ngoprekin perkabelan kuda besi ane. Pas ane kontak tiba-tiba kok digital speedometernya ga jalan yah, cuma nyala lampu aja. Distarter ga kuat, klakson dan sein soak. Ane pikir akinya, tapi pas ane tuker sama aki mio ane oke-oke aja. Panik bukan kepalang karna kalo ganti digital pasti ga murah. Mencoba tenang dan berfikir......

Aki ? ga masalah..
Perkabelan ? udah bener..
CDI ? oke..
Kiprok ? bisa jadi..
Sekering ? hmmm coba ane cek dulu..

Ane searching letak sekering dan kiprok satria fu di mbah gugel. Udah dapet baru dah ane cek sekering terlebih dahulu. Dan ternyata letak sekering ada di samping aki. Ane bongkar dan terlihat 2 buah sekering berwarna merah. Ane cek satu, oke ga putus. Ane cek satunya, nahhhhhhh putus !! Bingung mo beli karena hujan. Ane inget kalo mio ane punya dua sekering (yang dipakai cuma satu dan yang satunya adalah cadangan). Ane cabut yang cadangan dan ternyata ukuran arusnya sama. Gapake lama langsung ane pasang ke FU ane. Belom ane nyalain karena ane mo mastiin kiprok oke. Setelah ane cek keliatannya masih bagus (asumsi aja). Bismillah, ane kontak dan.... tampillah digit-digit angka di speedometernya. Ane starter dan ternyata bisa. Cek sein, cek klakson oke.. Alhamdulillah normal lagi. Hampir aja ngerogoh atm wad ganti kepala FU.

Spoiler digital mati (gambar : otoneters.com)

Spoiler sekering

Spoiler kiprok

Kalo kalian punya masalah kaya gini jangan panik. Coba cek hal-hal yang kecil dulu. Kalo nyerah yah tinggal bawa ke bengkel ^^V

54 comments:

et fu nya dekil amat bang.. ^_^
nice post, walau pun motor ane bukan FU :p

diluar jangkauan cuci manual. hoho

Agan.. tks pencerahan nya.. ane juga ngalamin persis yg agam alamin.. pas di cek,ternyata mmang putus sikring nya.. tapi bgtuane ganti, tetep gak bisa gan.. mhon solusinya...

@masDerry_ coba cek secara berurutan seperti diatas dari aki smp sekering. cek juga perkabelan didalam headlight dengan membongkarnya. klo memang sudah diganti dengan sekering yang baru apakah starter,sein,klakson normal? klo blm normal berarti masih ada masalah pada kelistrikannya. tapi kalo normal dan digital masih belum menampilkan digit2, berarti memang ada kesalahan pada digital tersebut. jika tidak ingin repot atau tidak ingin mengambil resiko dengan membongkar bagian/komponen motor (takut nanti malah semakin parah), lebih baik dicek saja langsung dibengkel. solusi extremenya adalah dengan sistem kanibal, memindahkan headlight yg diduga rusak ke motor yg normal lalu tes apakah berfungsi atau tidak. namun solusi ini TIDAK DIANJURKAN BAGI YANG TIDAK.BERPENGALAMAN.

Oh iya gan.. nanti ane coba deh..
Sedikit ane ceritain kronologisnya..
Saat itu, di lampu merah motor sengaja ane matiin dengan lepas kopling dalam keadaan masuk gigi. Posisi kontak masih on, dan karena ane udh ganti lampu HID.. maka sekalipun motor mati, lampu tetap hidup karena kontak msih ON. oia gan, saat itu HID mati, hanya saja.. lampu secondary.. yg di bawah lampu utama (HID) itu tetap menyala gan.. yg di lampu bawah, ane pake lampu standar satria.. apa mungkin aki nya tekor gara2 lampu itu tetap menyala dalam keadaan mesin mati? mksih pencerahannya

@masDerry_ bisa saja. karena secara teori dalam keadaan mesin mati tidak akan ada proses pengisian ke aki. dan juga lampu HID itu membutuhkan daya yang besar. untuk penggunaan lampu HID itu sendiri sepertinya tidak cukup dengan hanya sistem kelistrikan standar bawaan pabrik. perlu sedikit modifikasi untuk mengupgrade sistem kelistrikannya entah itu kiprok,spull,koil dll. hati-hati gan jika mengganti aki, jika masih ada komponen (kiprok,spull,koil dll) yang masih bermasalah maka sistem pengisian ke aki juga akan bermasalah dan mengakibatkan aki berumur pendek.

Ane pke mx king baru sebulan gan
Lahh skrng penyakit udah sama kaya sampeyan -_- :(
crta'a ane hbis nyuci trs mati aja tu speedo

@aprizal.. kemungkinan parahnya ya ada korslet di kelistrikan. tapi coba cek perkabelan aja dulu

bos RMF fu ane gak mau naik ketika motor nyala kalau di kunci kontak jarum RFMnya jalan letak maslahnya kira2 di mn ..

@erwin.. maaf bro,, untuk rmf ane blom pernah nemu kejadiannya

Speedometer mati hidup knpa gan? Hidup di rpm rendah tpi mati pas rpm tinggi

Sekring' accu' spedometer baru smua gan' mohon bantuanx' trimakasih

@umbu.. coba cek kiproknya bro..

Maap gan
Punya saya killometer digitalnya rusak kasih solusinya gan...
Tpi saya jga heran kok lampu bolham nya kaya kebakar gti item tpi masih nyala

mo tanya mas.. spido satria ku kok ndak jalan tetep angka 0 apanya ya..?

Trima kasih bro mtor gw akhir x nyala

Kiprokx udah ganti gan tpi pnyakit masih mati hidup, pi kalo ijak rem speedox hidup, kira apax gan

Saya juga sama seperti itu.. Semua sudah di ganti baru.. Tapi spido meter suka mati klo di RPM tinggi kalo gas di pantengin nyalah.. Kira kira apanya..

Saya juga sama seperti itu.. Semua sudah di ganti baru.. Tapi spido meter suka mati klo di RPM tinggi kalo gas di pantengin nyalah.. Kira kira apanya..

buat yang ngalamain speedo mati pada rpm tinggi ane juga pernah ngalamin. penyebab pastinya ane juga blom tau tapi yang ane lakuin yaitu bongkar sistem kelistrikan dari sekering, aki, cdi. bersihin trus pasangin lagi dan akhirnya normal lagi speedo ane udah ga pernah mati digas pol juga.

Terimakasi gan betul apa yang sudah . Agan kasih solusi nya

Menurut pengalaman ane. Beberapa kali ngoprek kelistrikan fu gegara pasang HID. Speedo mati ketika rpm tingga karna overcharger gan. Kl ane emang kiprok ane modif buat naikin voltase. Di 16volt speedo kedip kl d gas lagi 16+ speedo mati. Ketika gas dikurangin ato hid nyala speedo normal lagi. Cmiiw

This comment has been removed by the author.

gan kabel bodi ane pernah konslet trus ane ganti yang baru ko rpm.ny pas di gas gx naik turun tapi pas di kontakin.mah idup tolong info.ny

motor ane kilometer yah mati bos apah yah penyebeb yah sikring udh ane ganti bro

Sama persis mungkin dah dpt solusi share boss

Spidometer mati lampu depan ganyala sen ga nyala klakson ga nyala starter ganyala kenapa bang

Spidometer mati lampu depan ganyala sen ga nyala klakson ga nyala starter ganyala kenapa bang

mo tanya mas spido satria ku kok ndak jalan tetep angka 0 apanya ya..?
Mohon infonya

mo tanya mas spido satria ku kok ndak jalan tetep angka 0 apanya ya..?
Mohon infonya

This comment has been removed by the author.

gan motor satria fu 2011 ane saat di nyalain semuanya bagus tapi klo di gas tiba tiba ampernya redup+bekedip.. mesin grebed2 akhirnya mogok sennya gak nyala klaksonnya juga tetapi klo di diemin 5menit semua normal lgi dan di tes lgi maso kayak gitu kenapa ya gan?? padalah baru gaanti kiprok yg ori+aki baru.sekrin juga bagus gan

Punya saya juga kayak gitu.. kejadianya pas habis kehujanan di parkiran.. tapi setarter.. sain. Kalokson normal smua.. itu harus giman? Ala saya harus ganti atau giman?

Thank gan membatu sekali infornya,ane juga ngalamin,pas ane ganti sikringnya langsung bisa nyala lagi gan

Mau tanya bang... Lampu motor ane kalau baru nyala(ga jalan) terang bgt & kilo meter juga hidup, pas jalan redup & kilometer mati... Misal di rem kadang redup kadang terang & spedo meter yg tadinya mati jadi nyala lagi... Apanya suhu? Arus udah ane ganti full DC, KIPROK baru ganti... Kira kira bendik stater ngaruh ga? Soalnya bkn yg ori

Siippp...pas bnget setelah gw cek kga twnya bner skringnya bbhhhaaaa

Mau tanya bang. Pertama d kontakin motor nya hidup tuh jarum spido meternya . Tapi pas waktu di gas ga jalan jarum nya. Mohon info nya bang dengan sangat

Sama gan, udh gnti kiprok, aki ama bendik baru...trxta ttep reset spedometerx ktika d gas rpm tinggi.pas nyoba pake aki basah, eh mlah normal.mnurut sya emg dr charger pngisian utk aki kering berbeda dgn aki bsah

Motor satria fu sya jga sama gan.indikator mati smuatp lampu panjang pendek tetep nyala pas keadaan motor mati dan kunci kontak keadaan off.kronologisnya pas pagi gan ane bru nurunin mtor dri bagasi.pas dstarter ada bau kebakar gtu sma letup pas ane starter,lampu indikator lgsung mati smua and gk bsa dstarter tp lampu depan ttp nyala pas kontak ane matiin.motor ane satria fu,mohon pencerahannya ��

gan numpng tanya kalok spedo mter fu mati saat rpm tinggi. Dan normal saat rpm rendah apnya ya. Tolong bantuan nya gan yg pernh ngalamin

sekering satria ada 2...itu berfungsi semua tha gan.. Kanan dan kiri

Gan mw nnya ni kalo sekeringnya udah diganti tapi pas dinyalain kontaknya. langsung putus sekeringnya ..kenapa yah gan

kalau punya ane lcd nya nyala, tpi angkanya di nol trus ngk naik", kira" apanya y

Assalamualaikum agan.,
Mohon info nya donk, fu 4tak sekering di bawah jok samping accu ada 2 sekering, itu fungsi 2 2nya atau yg 1 sekering buat spare. Trmkasih

Misi gan fu ane ko pas di gas spido meter ga naik+ukuran full ngga ya bensin ilang knpa ya?

Misi gan spidometer saya blank,lampu hidup,klakson hidup semua,sen kiri kanan hidip,cuma spidometernya aja yang blank,kira kira apa nya ya



Terimakasih

Gan mau tanya dikit ni,
Klw angka digitnya ada, tapi gk berfungsi, itu kesalahannya dimana y gan, mohon pencerahannya trimakasih.

Iya bner yg lenting jangan panik 🤣

Mohon bantuannya masalah jarum rpm ketika pertama kali stop kontak on jarum bergerak naik turun normal, tapi kalu mesin hidup jarum rpm tidak berfungsi, itu masalahnya dimana ya?
Terima kasih sebelumnya

Masih on gak?gan ane pake fu 2005,karna spedometer nya mati ane beliin deh yang second 2010.awal pasang cuma lampu tengah sen yang idup.pas ane kencengin kepala Fu nya malah gak Ada nyawa sama sekali.mohon solusinya

Punya ane spidometernya idup gan tapi ga jalan apanya ya..
jadi ankanya nol trus..

Iyh motorku skrng begitu..tolong bantu dong..padahal sikring baru tapi ttp aja kaya gtu...tolong bantu dong bang..klo aki msih normal bawaan dealer

Sekarang ane ngalamin gan pusing apanya coba mencet lampu sen dah mati semua indikator

Kasus yg sama...
Klo rpm rendah normal tpi klo di tarik gas langsung mati spido ga nyala lampu sma sekali.

Post a Comment