Wednesday, May 8, 2013

Dadu Elektronik

Postingan ane yang kemaren-kemaren itu bikin Dadu Digital dengan menggunakan Seven Segment dan IC 4026. Dan sebenernya project Dadu Digital ini akan di bikin untuk tugas kuliah setelah sebelumnya pengen
bikin Subtitute Board tidak jadi karena beberapa komponen yang belum didapat. Sama seperti Subtitute Board, komponen Dadu Digital juga tidak jauh berbeda menggunakan IC 4026. Berawal dari iseng bongkar-bongkar stok komponen dulu bekas STM, ane nemu IC 4017. IC 4017 biasanya dipakai pada rangkaian Running LED, tapi pada postingan terdahulu ane modif rangkaian Running LED itu jadi Kitt LED. Sebenernya waktu bikin Dadu Digital itu bagusnya angka bisa terlihat langsung pada Seven Segment. Tapi agak berasa aneh karena pertama IC 4026 itu mengeluarkan output biner secara berurutan, jadi angka yang tampil di Seven Segment itu berurutan 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9 lalu kembali ke 0 dan terus mencacah berulang. Terus yang bikin aneh lagi tuh dadu dalam konsep aslinya yang bentuknya berupa kotak kecil bersisi 6 hanya ada angka 1,2,3,4,5,6 berupa gambaran 'Titik', tidak ada 0,7,8,9. Dari 'penemuan' IC 4017 yang biasa untuk rangkaian Running LED (10 LED) terpikirlah bagaimana caranya memodif jadi dadu yang berupa 'titik' dan hanya menamilkan 'titik' 1 sampai 6 dan mencacah mengacak (tidak berurutan seperti IC 4026). Rangkaian Dadu Elektronik ini akan menampilkan angka yang berupa 'titik' yang diwakilkan LED. Pencacah nya sebagai berikut : 2,3,4,5,6,1,2,1,2 dan terus berulang. Ketika rangkaian hidup dan saklar belum ditekan, rangkaian ini akan menampilkan 2 LED yang menyala, lalu ketika saklar ditekan, IC 4017 akan mencacah dan ketika itu LED mati, dan ketika saklar ditekan lagi maka IC 4017 akan berhenti melakukan proses pencacahan dan LED pun menyala menampilkan hasil pencacahan terakhir yang diproses IC 4017. Untuk pengaturan kecepatan pencacahan dapat disubtitusikan(diganti) R2 yang bernilai 100 ohm dengan Potensio/trimpot dengan nilai 100K.




Jumlah LED pada rangkaian ada 7 namun semua LED tidak bisa nyala bersamaan. Maksimal hanya 6 LED yang bisa menyala bersamaan yaitu 3 LED disisi kanan dan 3 LED disisi kiri. LED ditengah hanya akan menyala ketika menampilkan perwakilan angka 1.

ini dia penampakannya..

TESTED OK

1 comments:

terlalu mainstream kalo dadu, pakek angka.. bukan titik..
apalagi pas terpilih acaknya scara ter urut.. hahaha

Post a Comment