Thursday, December 19, 2013

Membuat Line Follower Part 2

Part 2 : komparator lm393

Oke kali ini yang dibahas adalah rangkaian komparator (pembanding tegangan masuk). Komponennya : ic lm393 + soket 1buah. Trimpot 2buah dan resistor pull up 1/4watt 25k 2buah.
Pada rangkaian aslinya resistor pull up bernilai 220 ohm namun ketika rangkaian ane dah jadi pas diberi tegangan langsung berlogika 0,0 (maju) sensor ga maen. Pas ane Simulasi rangkaian modifan di proteus ternyata bener langsung nyala. Langsung deh ane inget fungsi resistor pull up tersebut. Output dari komparator adalah 0 dan z sedangkan mikrokontroller hanya dapat membaca 0 (low) dan 1 (high). Ane coba ganti dari 220 0hm sampai nilai kilo ohm dan akhirnya ketemu, minimal adalah 25k (rangkaian asli ane ga ada 25k jadi pake yang ada aja 47k). nanti tinggal diatur aja sensitivitasnya dengan memutar trimpot. Berikut rangkaiannya. 



Kaki 1 ke PINB.0 
Kaki 2 ke kaki tengah trimpot1 (kiri) 
Kaki 3 terhubung ke output dari sensor kiri 
Kaki 4 ke ground (-) 
Kaki 5 terhubung ke output dari sensor kanan 
Kaki 6 ke kaki tengah trimpot2 (kanan) 
Kaki 7 ke PINB.1 
Kaki 8 +5v 

Bersambung ke postingan Selanjutnya..

0 comments:

Post a Comment