Thursday, December 19, 2013

Membuat Line Follower Part 1

Mohon maaf sebelumnya tutorialnya ber-episode. Kepanjangan kalo dibahas sekaligus ^^

Part 1 : sensor 

Langsung aja ga pake basa-basi lagi. Referensi ane dapet dari beberapa sumber. Sumber utamanya di Profesor Robot.
Disana udah disediain file proteus lengkap dengan kodingan plus videonya. Tinggal sedot aja ada pilihan untuk Atmega8 dan Atmega16. Ane ga akan panjang lebar jelasin teorinya, silahkan cari sendiri aja ^^V. disini ane Cuma jelasin cara Pembuatan dan cara kerjanya. Oke langsung aja. Line follower digital terdiri dari rangkaian sensor, komparator, sistem minimum dan motor driver plus mekanik gearbox untuk roda.lcd sesuai kebutuhan(tidak mesti dipasang). 

Gambar skema asli dari sumber 

Gambar skema modifan ane (ada tambahan led untuk lampu sein tapi kodingannya belom ane modif, jadi blom berfungsi)

Untuk pembahasan pertama adalah rangkaian sensor. Untuk pemakaian sensor ada yang menggunakan photodiode+infrared dan led superbright+ldr. Yang ane pake disini adalah dua pasang led superbright putih dan ldr. Komponen lain : resistor 1/4watt 220 ohm untuk tiap satu led dan 20k untuk tiap satu ldr. 


Bersambung ke postingan selanjutnya..

0 comments:

Post a Comment