Thursday, April 3, 2014

Booting Linux Backtrack 5 Via Flashdisk

Kalo sebelumnya ane posting tentang cara membuat linux live, kali ini akan ane share cara menjalankannya/booting via flashdisk. Mode live usb ini berarti kalian tidak perlu menginstal OS kedalam hardisk. Jadi booting awal via flashdisk. Nah ketika sudah membuat OS live usb pada flashdisk, hal yang dilakukan adalah sbb :
1.Menancapkan flashdisk tersebut pada pc/laptop. 
2.Restart pc/laptop. 
3.Masuk bios. 
4.Ubah boot order, flashdisk pada boot pertama. Tekan F10 (save and exit) lalu yes. 
5.Jika kalian tidak ingin merubah boot order, pindah ke tab 'save & exit' Dibawahnya akan terlihat hardware yang terdeteksi. Arahkan ke Flashdisk lalu enter, maka akan langsung boot. Lalu akan muncul tampilan seperti ini, tekan enter pada default boot text mode.
6.Ketika terlihat tampilan seperti ini, tekan enter untuk melihat list video mode. Disini ane pilih nomer 9 (800x600x32 VESA) lalu tekan enter. 
  
7.Ketik 'startx' (tanpa tanda kutip) ketika tampilan seperti ini.
8.Selesai deh. Backtrack siap digunakan. 
9.Jika ingin mematikan/shutdown, klik menu 'system' lalu 'shutdown' 
10.Kalo nongol tampilan seperti ini dan ada tulisan 'please remove...blablabla', cabut flashdisk lalu enter. 

Untuk yang ga mau ribet masuk bios dan seting boot order, ketika restart masuk mode boot menu. kemungkinan tombol boot menu berbeda-beda. Ane pake Lenovo S10-3 jadi boot menu tombolnya F12. Karena F12 berada di F11 maka disini ane pencetnya FN+F11. Maka akan langsung terlihat tampilan seperti ini. Tinggal pilih deh USB HDD: 'merk flashdisk'. Trus enter.


0 comments:

Post a Comment