Sunday, June 23, 2013

Rangkaian Regulator

Berikut ini adalah beberapa skema rangkaian regulator tegangan yang pernah ane bikin.
Pertama menggunakan trafo mono.


Versi 1 menggunakan dioda silikon biasa.

Versi 2 menggunakan dioda Bridge/kiprok. Bisa juga menggunakan dioda silikon biasa yang disusun seperti gambar diatas.

Versi 3 menggunakan dioada Bridge dan IC 7805. Untuk versi ini meskipun tegangan input dari trafo 12 V, tapi setelah melewati IC 7805 tegangan output akan menjadi 5 V

untuk batas arus maksimal ane blom tau cos ane sering pakenya trafo yang 1A.

Yang kedua dengan menggunakan trafo CT.

Versi 1 membuat output + dan - saja.

Versi 2 membuat output +, - dan CT. Biasanya rangkaian ini digunakan sebagai catu daya power amplifier.

Untuk penggunaan dioda/bidge disesuaikan dengan besar arus trafo. Jika menggunakan trafo 1A, cukup dengan menggunakan tipe 1N4007. Untuk penggunaan diatas 1A ane kurang paham kode diodanya. Kalo beli bilang aja "dioda/kiprok 3Ampere / 5Ampere dst....". Pada versi 1 trafo mono dan versi 1 trafo CT ane bikin dua dioda tiap output dari trafo (jaga-jaga kalo dioda ada yang short/rusak. pake satu dioda tiap output trafo juga gpp). Resistor LED usahakan dibawah 1K. LED hanya indikator kalau tegangan itu sudah DC. Kapasitor Elco berfungsi sebagai filter. Makin besar kapasitansinya makin bagus (perlu diperhatikan juga tegangan maksimal elco tersebut).

Semoga bermanfaat.

2 comments:

diodanya yang suka ada di motor ya gen?

klo d motor biasa d sbt kiprok..

Post a Comment