Saturday, May 24, 2014

+62111

Nomer tersebut memang benar merupakan nomor Customer Service salah satu operator selular. Modusnya adalah dia memberitahukan bahwa kita adalah pelanggan setia yang beruntung mendapatkan kartu perdana gratis. Secara meyakinkan dia memberitahu tentang berbagai bonus dari kartu tersebut. Lalu kita disuruh menyebutkan identitas, alamat, email, nama ibu, orang terdekat yang bisa dihubungi dan lainnya dengan alasan untuk mengisi data formulir yang dia pegang.

Dia memberitahukan bahwa kartu tersebut akan dikirim ke alamat yang kita sebutkan. Dengan syarat kita harus menyiapkan fotocopy KTP dan akan disuruh untuk menandatangani form yang dibawa kurir ketika mengantarkan kartu tersebut. Dan faktanya, kartu tersebut adalah kartu pascabayar. Dengan iming-iming gratis ini-itu tak lantas bahwa kita tidak akan mengeluarkan uang. Ketika sudah menerima kartu tersebut dan menandatangani form yang dibawa kurir tadi, artinya kita sudah menyetujui 'perjanjian' yang ada. Dipakai atau tidak pasti akan ada tagihan tiap bulan yang harus dibayar seperti abodemen (mungkin untuk beberapa bulan awal memang benar-benar free). Dari sinilah kita sudah masuk dalam 'lingkaran setan'. Untuk menonaktifkannya pun bakalan dipersulit dan tak jarang mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Jika tagihan yang datang tidak dibayar maka akan datang surat mengatasnamakan debt collector dari suatu perusahaan yang isinya akan menuntut secara hukum. Nah lohh.

Bagi kalian yang sudah mengiyakan untuk menerima kartu tersebut sebaiknya telepon call center dan bilang untuk membatalkan pengiriman kartu tersebut. Jika tidak bisa dibatalkan, maka buatlah surat keterangan yang isinya kita menolak menerima kartu tersebut, menolak memberi fotocopy KTP dan menolak menandatangani form yang dibawa kurir. Lalu ketika kurir itu datang, sebaiknya wajah kita tutup dengan masker (bilang aja lagi flu) supaya sang kurir tidak melihat jelas wajah kita. Lalu suruh tanda tangan pada surat keterangan yang kita buat diatas sebuah materai. Minta kurir tersebut menunjukkan ID dan KTP lalu foto ID dan KTP tersebut, jika perlu foto wajah kurirnya sekalian. Surat keterangan tersebut kita pegang dan akan dijadikan bukti jika suatu saat ternyata ada bill/tagihan yang datang ke alamat kita. Bawa surat tersebut ke gerai operator selular yang bersangkutan dan mintalah penjelasan dari CS nya.

Sebenernya modus seperti ini sudah terjadi sejak bebrapa tahun lalu. Kesalahan kita juga sebenernya karena yang namanya kartu pasca bayar adalah memang gratis namun tidak pernah memikirkan tentang tagihan tiap bulannya. Namanya juga orang Indonesia, kalo udah denger kata 'gratis' sudah sumringah.

Inget !! ane ga pernah bilang kalo ini adalah penipuan !! ini cuma salah satu STRATEGI MARKETING perusahaan. Kembali lagi pada kita sebagai kostumer yang harus jeli dan lebih berhati-hati. 

Satu hal yang dapat dikutip, bahwa tidak ada yang benar-benar gratis didunia ini. Semua kembali kepada manusia itu sendiri bagaimana cara dia berasumsi.

** Operator selular dan kartu perdana yang ditawarkan sengaja ga ane sebutin **

Oke cukup sekian, selalu waspada jika ada yang menawarkan sesuatu secara gratis dimanapun itu. Jangan mudah memberikan data pribadi ke pihak lain.

76 comments:

@adli.. biasanya sebelum diantarkan oleh kurir (kartu tersebut), si kurir akan menelpon kita dlu untuk mengkonfirmasi tentang pengirimannya. Waktu si kurir nelpon ane, ane pastiin tentang pembatalan pengiriman kartu tersebut. Dan akhirnya si kurir pun tidak jadi mengirimkan kartu tersebut (kalo yang ane denger dari percakapan antara ane dan si kurir, menurut ane si kurir tidak memaksakan kita untuk menerima kartu tsb. Dari cara bicaranyapun terdengar sopan dan ramah).

kalo udah di iyain gimana y? tapi saya blm sebutin no ktp n almat tujuan untuk di kirimkan, baru tau saya jakarta aja. kira2 nanti di kirim gak yah cz ud tiga hari blm ada tlp lagi.

@ryoimamsantoso.. Nanti pas hari h ketika kartu akan dikirim biasanya sikurir akan menghubungi kita. Nah disitu kita bisa menerima ataupun menolak untuk dikirimkan.

saya baru aja dapet telpon untung keputus -_-"

@irna.. Yah bagus keputus. Jdi klo nanti ditelpon lagi mbak irna sudah tau harus ngapain.

Haha.. Baru aja td sya dpt telpon tp pas mau diangkat eh mati dluan dr sananya..
Untung ga keangkat.. :D

Ane baru saja dpt tlpon dari no itu,lagi pake hedset,saya kirain lagu,pas ane tengok ehhh tlponnn...ga ke angkat...untung nyaa

udah masuk daftar nomor blacklist hp. aman... :D

@dian
@prayoga
@deddy

lanjut gan. :D

Sy udh ksih data tar tgl 3 dikirim aduh pusing gmny solusiny

@echi231 nanti pas hari H mo dikirim biasanya sikurir akan menelpon untuk konfirmasi pengiriman. nah waktu nanti ditelpon anda bisa melanjutkan pengiriman/membatalkannya. Dan menurut pengalaman, pengiriman tidak selalu seperti yang dijadwalkan. Terkadang ngaret sampai sekitar 1 mingguan.

sy juga kena nih tdnya sy kira itu kartu prabayar tnyata bkn,sm kyk echi231 udh ksh data pribadi .Mohon solusinya gan..

@irwan kurang lebih sama gan solusinya juga seperti @echi231

bbarusan saya dpt telp no tak dikenal (+62111) , baru mau saya angkat sudah mati
krna saya penasaran itu nomor dr mn saya buka google, daaaan nemu blog ini

thanks ya info nya

@shausan kurang lebih sama solusinya seperti @echie231.

Udh 2 kali d telp n ngisi data pribadi.. yg pertama ga d kirim yg kedua nelpon lg barusan n kta nya mggu dpan mw ngirim. Untung baca blog ini.. jd pas hari H kl kurir ny nelp blg aja ga jd n lg d luar rumh.. hehe.. ga mw kejebak sma strategi ny...

Nice info gan,,,, ane kena

makasih infonya. hampir aja ane kena. thanks banget ya.
kalo perlu balon untuk promosi kunjungi http://www.mandiribalon.com

Saya ditelepon hari ini. Lalu saya memberikan alamat rumah saya tapino KTP blum . Saya takut. Apa yg harus saya lakukan

hari ini ditelepon oleh 62111, untungnya ni kartu halo dipake buat modem, jd ga bisa diangkat, check di google ketemu blog ini. untung aja
thanks buat infonya. sy pake halo pasca bayar lho padahal, kok masih aja mau ditawarin kartu pasca bayar, heraaan

Baru saja saya ditelpon Sama (+62111)
Dia tanya2 saya tapi saya diam aja
Selang 2Menit Nelpon Lagi Gak Gue angkat
Pas Gue telpon Gak Bisa
Apakah Ini Termasud Unsur Penipuan ??
Mohon INFOnya Kk .. Tapi alamat Saya Belom Tauh -_-

saya barusa juga ditelpon sama nomer itu dan memang ditawari ganti ke kartu pascabayar dan kartunya akan dikirim oleh kurir dan kita tinggal menyiapan fotocopy ktp, untung saja langsung saya tolak

saya juga terjebak kasus serupa, hanya saja saya belum memberikan nomor ktp, kemudian telesales tidak mengkonfirmasi pengiriman kartu tsb. karena penasaran, saya komplain melalui cs indosat via website indosat dgn cara mengisi form keluhan yg ada di page customer service. berikut jawaban yg diberikan cs indosat:

"Sehubungan dengan pertanyaan Bapak/Ibu mengenai pembatalan pengiriman kartu Matrix program Telesales, dapat kami informasikan bahwa jika memang Bapak/Ibu belum menerima dan paket kartu Matrix dalam proses pengiriman (pihak kurir) untuk pembatalan dilakukan oleh tim support Telesales (bila dokumen kembali kartu tidak akan kita aktifkan) atau bisa dilakukan Bapak/Ibu langsung dengan tidak menerima paket dan tidak menyerahkan fotokopi KTP pada pihak kurir (pembatalan langsung di tempat), sesuai informasi yang diberikan oleh tim Telesales."

jadi, tolak saja pengiriman kartunya / tidak menyerahkan fotokopi ktp.

semoga membantu.

saya baru menerima kartu halonya, kurirnya sudah mengirim. saya tidak memberikan fotocopy ktp tapi ktp saya aja di foto. so apakah ini kedepannya berbahaya atau gmna? ada solusinya? maaf saya seorang mahasiswa jd takut jadi ada tagihan bla bla, thanks.

tq infonya.......saya sudah 2 x di telp sama nomor tersebut tapi tidak saya angkat karena nomornya asing, makanya sy langsung browsing mencari info ini nomor dari mana. untung juga saya punya kebiasaan tidak menjawab telp dari no yang tidak dikenal, walaupun sudah di telp berkali - kali

Saya juga barusan ditelp sampe 2x untung pas ngga pegang hp.. kirain nomer telepon penting mana gitu... trus langsung aja browsing daripada penasaran.. oh ternyata kek gini thah . Hha ok makasih info nya ☺😊

Barusan awak jg dihubungi.. Karna nomornya aneh gak diangkat n lgsg browsing.. Alhamdulillahhhh.. Makasi ya Gan.Slamet awak nya..

Saya barusan di telpon, saya jawab hallo malah di matiin dari +62111-nya.
Dalam bahayakah saya ?

Saya barusan di telpon, saya jawab hallo malah di matiin dari +62111-nya.
Dalam bahayakah saya ?

Saya barusan di telpon, saya jawab hallo malah di matiin dari +62111-nya.
Dalam bahayakah saya ?

Sama nih saya baru di tlp +62111 diangkat malah terputus. Saya pelanggan simpati bkn indosat,kok di hubungi juga ya

Ohmygoooddd.. Td siang aku liat ada no ini misscall ke no hp sy.. Untung aja pas dy telp sy ga dgr. Cm liat di notif klo ada misscall dr no itu..
Saking penasarannya krn no nya agak aneh menurut sy 😆 Akhirnya coba browsing di google dan trnyata ada blog yg membahasnya..
Thanks infonya..

Waduh, ane barusan dapet tlphn juga, ane udah ngasih semua data diri trus udah ane iyain, tp sebelum percakapan selesai ane matiin, trus dia tlphn lg enggak ane angkat, sampe2 ane blok nomornya, kira2 bagaimana ya?

Waduh, ane barusan dapet tlphn juga, ane udah ngasih semua data diri trus udah ane iyain, tp sebelum percakapan selesai ane matiin, trus dia tlphn lg enggak ane angkat, sampe2 ane blok nomornya, kira2 bagaimana ya?

Thanks infonya.. Udh 2x ni dtlp, kebetulan tak terdengar.. Siap memblokir nih..

Itu promo telkomsel gan,, hanya nomor bruntung yg bisa di telfon dia,, aku konfirmasi ke 188 call center telkomsel katanya bner gan..

Jadi dia nawarin paket internet telkomsel di jaringan 3G/4G dengan harga 30rb/4gb 50rb/8gb masa aktif 1 bulan full time dan full zone..

Itu promo telkomsel gan,, hanya nomor bruntung yg bisa di telfon dia,, aku konfirmasi ke 188 call center telkomsel katanya bner gan..

Jadi dia nawarin paket internet telkomsel di jaringan 3G/4G dengan harga 30rb/4gb 50rb/8gb masa aktif 1 bulan full time dan full zone..

Aku udh sering banget nih di telpon sama nomor ini, tp ga pernah diangkat.. Nge googling nemu blog ini, makasih banget infonya, sangat menolong

Saya udah 3x ditlp no ini, untung aja nge googling dan nemu blog ini, jadi tahu harus bagaimana kalo dtlp lagi,, terima kasih infonya

Barusan ada misscall dari no ini, untung bnget pas ditinggal solat tadi, makasih infonya..untung googling dlu hehee

Barusan ada misscall dari no ini, untung bnget pas ditinggal solat tadi, makasih infonya..untung googling dlu hehee

Untung aj tlp Ώyå terputus & sya langsung cari tau dari mana nomor itu berasal.. Selamet.. Selamet..

Barusan dapet tlp dari nomor itu juga :'
Kayanya pas hari H harus di batalin deh alesan aja keluar kota gitu yaaa
aduuuh udah ngasi data diri semuanya :'

Akhirnya gmna? Bisa batal ga dengan di cancel ke kurirnya? Td sya ditelp juga, sempat mengiyakan, mau cancel krn baca blog ini..

Akhirnya gmna? Bisa batal ga dengan di cancel ke kurirnya? Td sya ditelp juga, sempat mengiyakan, mau cancel krn baca blog ini..

Hari saya juga ditelpon oleh no +62111 dua kali, yg pertama tidak dijawab dan 3jam berikut ditelpon lagi lalu saya angkat namun baru ngomong langsung terputus, saya penasaran lalu cari tau dari mana no ini d mbah google maka ketemu blok ini...akhirnya uda ngerti ,thnks

Saya di telpon 5x wkkw tapi ga diangkat pas search ternyata seperti ini

Saya di telpon 5x wkkw tapi ga diangkat pas search ternyata seperti ini

Syukur alhamdulillah baca blog ini..untung gk terangkat pas ditelpon rupanya penipuan toh..terima kasih informasinya

Kalau saya masih penasaran itu nomor, kemaren saya di telf nomor +62111 lagi mau saya angkat udah mati duluan..pengen di telf lagi..mau ngomong apa dia..klo ngomong seperti yg di bahas di blog ini, saya sudah tau jawabanya..terima kasih infonya

saya juga di telfon dan angkat, tapi pihak tsel nya diem aja. hiufff syukur ya ngga knp2 :) terimakasih infonya.

Saya baru di telpon +62111 tapi saya di suruh datang ke grapari langsung, katanya anda berhak tukar tambah hp samsung j5 dengan hp yg saya pakai skrng dengan cuma nambah 600-800 rbu dengan membawa identitas asli ktp ke grapari,, apa ini benar kawan

saya juga dapat tlp serupa, jadi itu bukan penipuan?

Saya jg baru dapet tuh panggilan untung aja keputus dan ciba cari tau..syukur2..

Saya jg baru dapet tuh panggilan untung aja keputus dan ciba cari tau..syukur2..

Ane jg baru-baru banget ketelpon, tpi ane tolak, gue blg ntar gue sndiri ������

Barusan jg ane ditelfn, kirain dpt undian, hehehe, setelah googling karna penasaran akhirnya ngk nyesel ngangkat telfn dari nmr tsb. Thanks gan atas infonya

Hari ini udh 2 kali telp, ini barusan saja Untung ga ke angkat, karna aku orangnya penasaran ak Googling kan brgkli dpet undian, ternyata eh ternyata...

Barusan ditlfn dr telkomsel tp krna layarnya tiba2 ngeblank mkanya aq matiin. Trs nyoba googling eh ternyata.. thanks gan bermanfaat bgt artikel nya

Saya jg hari ini dpt telp dri +62111, blm ngomong pjg lebar dah keburu mati.setelah baca artikel ini, saya jd tau harus ngmg apa nantinya. Trims ya min, artikelnya bermanfaat. 👍

Dapat telfon kmarin
Mau aku angkat eh malah putus
Untuk aku baca ini
Tau apa yg haru sdilakukan
Makasih
Bermanfaat. Bgt artikelnya

Terima kasih infonya. Barusan dapat telp dari +62111. Gak ngangkat krn nomernya aneh (hehehe...)begitu browser dpt ini. Jadi tau deh apa dan harus bagaimana......
Sekali lagi terima kasih sudah berbagi.....

ane juga baru dtlpn dgn no+62111 tekomsel pas ane mau angkat udah mati ngak jadi deh pas gue sms gagal,aq nelpon balik gak bisa nadsux apa...? trims infonx gan

ane juga baru dtlpn dgn no+62111 tekomsel pas ane mau angkat udah mati ngak jadi deh pas gue sms gagal,aq nelpon balik gak bisa nadsux apa...? trims infonx gan

Ane barusaaan banget , di telpon nomer 02111
Untuk konfirmasi perpindahan kartu dari pascabayar ke prabayar ( soalny ane emanv semalem di webnya telkomzel isi aplikasi buat ganti kartu ke prabayar )
Ngga ada kirim kirim kartu sih cuman konfirmasi aja soal pergantian kartu prabayar hallo kick
Mudah mudahan emang bener 😁😁

Ane barusaaan banget , di telpon nomer 02111
Untuk konfirmasi perpindahan kartu dari pascabayar ke prabayar ( soalny ane emanv semalem di webnya telkomzel isi aplikasi buat ganti kartu ke prabayar )
Ngga ada kirim kirim kartu sih cuman konfirmasi aja soal pergantian kartu prabayar hallo kick
Mudah mudahan emang bener 😁😁

Ini beneran ko,,
Saya aja dapet... Tergantung kita sanggup bayar buat bulan depannya atau ngga sih

Hari ini saya dapet 2x tlp dari no itu tp gak keangkat mulu,kirain apa. Ternyata gt toh. Untung aja

Siang ini saya dpt telpon dr nomer tsb. Kebetulan saya lg wawancara narasumber, jd langsung saya putus telpon dr dia karena hp lg dalam keadaan ngerekam.
Pas pulang, cek sana cek sini eh nemu artikel ini.
Btw, terimakasih buat infonya ya gan.
Ane jd tau siapa itu +62111

Hahaha sama dong aku di miscal 8x untung ga denger ditas pas diperjalanan

Hahaha sama dong aku di miscal 8x untung ga denger ditas pas diperjalanan

Kalau saya ditelfon ditawarin paket kombo internet. 50rb dpt 3gb(bs di semua jaringan 1*24jam) + 300 menit telfon ke sesama telkomsel + 300 sms ke sesama telkomsel. Masa berlaku selama 1bln. Saya sudah 3 kali dpt telfon utk konfirmasi kebersediaan utk aktifasi paket kombo. Sejauh ini aman2 saja. Saran saya mending didengarkan dulu,kiranya tanyaanya aneh2 baru ditolak. Pan eman promo paketan dilewatkan.paketan telk*ms*l mehong banget soalnya 😭😂

Post a Comment