Friday, April 18, 2014

Instal Linux Backtrack 5 r3

Kemaren udah ane jelasin caranya instal linux di flashdisk. Masalahnya kalo instal di flashdisk tidak akan seoptimal jika langsung diinstal pada hardisk. Jadi intinya kalo diflashdisk hanya untuk yang ingin 'merasakan' linux. Nah sekarang bagi yang pengen instal langsung pada hardisk udah ane siapin tutorialnya. Gapake lama langsung ke TKP !!

1. Siapkan DVD Backtrack 5 r3 atau flashdisk yang sudah dibuat bootable. 
2. Masukkan DVD / colokkkan flashdisk ke komputer kemudian Booting sehingga tampil gambar seperti di bawah ini : 
3. Setelah proses boot selesai makan akan tampil gambar seperti dibawah ini dan pilih "Backtrack Text - Default Boot Text Mode" : 
4. Tunggu hingga proses hingga tampil seperti di bawah ini, setelah muncul gambar seperi di bawah ini kemuidan ketik "startx" untuk mendapatakn mode GUI / masuk ke desktop.
5. Double klik ikon "Install Backtrack" pada desktop. 
6. Pilih bahasa yang kita iniginkan kemudian klik forward. 
7. Setelah itu sesuaikan Region dan Time Zone sesuai yang diinginkan kemudian klik forward. (region Asia, time zone Indonesia jakarta) 
8. Pilih layout keyboard sesuai yang diinginkan kemudian klik forward. (tidak usah dirubah) 
9. Disini ada 2 pilihan yaitu "Erase and use the entire disk" dan "Specify Partitions manually (advanced)". Jika kita ingin menggunakan semua data/hardisk pilih "Erase and use the entire disk". Namun jika ingin mempartisi secara manual (membuat swap dan root) kita pilih "Specify Partitions manually (advanced)". Disini ane kasih contoh yang partisi secara manual jadi pilih "Specify Partitions manually (advanced)" kemudian klik forward.
 
10.Dilangkah ini kita akan membuat "swap area" dan "root ( / )". Untuk swap area ada yang pake 2x dan 1/2x, dua-duanya dah ane coba dan ga terlalu pengaruh. Kalo yang ane instal di PC, ane kasih 2x RAM PC ane. kalo yang dinetbook ane kasih 1/2 ram, jadi cuma 512mb. 
     
- pertama klik freespace lalu klik add (kalo add gabisa, klik change). 
- Dilangkah ini kita membuat Swap Area terlebih dahulu. RAM PC ane 2gb jadi ane isi 4gb pada swap area ini. Pada kotak "Use as" pilih Swap area lalu klik OK. 
- Kemudian kita Klik Free Space lagi, lalu klik add. 
- Pada langkah ini karena kita membuat partisi ROOT ( / ) jadi kita gunakan partisi sisa  pembuatan swap area. Jadi kita tinggal mengganti Mount point dengan "/" (root)      kemudian klik OK. 
- Setelah itu klik/pilih partisi yang bertype EXT4 atau root dan klik forward. 

11.Jika udah yakin, tinggal klik Install. 
12.Tinggal tunggu proses instalasi sampai selesai. 
13.Setelah proses instalasi selesai kita bisa merestart komputer kita atau Continue Testing. Tapi ane sarankan restart saja. 
14.Setelah mucul gambar seperti dibawah ini kita keluarkan DVD/cabut flashdisk kita dan tekan ENTER. 
15.Setelah Restart selesai akan muncul gambar seperti dibawah ini. Isikan User namenya "root" dan passwordnya "toor". mungkin saat mengisikan password ketikan kita tidak terlihat tapi abaikan saja tetap ketikan toor kemudian enter. Setelah itu untuk masuk ke desktop kita ketikan "startx". 
16.Backtrack siap digunakan.


3 comments:

This comment has been removed by the author.

izin nyedot ya suhu.. :D hha

Post a Comment