Monday, November 12, 2012

Fitur OneKey Recovery Di Notebook/Netbook Lenovo


SEMUA notebook Lenovo IdeaPad hadir dengan tombol khusus dan software untuk melakukan backup data. Tombol ini biasanya terletak pada bagian tengah atas sebelah tombol power. Namun mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa fitur yang dinamakan Lenovo OneKey Recovery sangat bermanfaat dan memudahkan pengguna dalam melakukan backup dan restore data.


Penggunaannya cukup mudah. Cukup dengan menekan tombol ini di dalam Windows, maka aplikasi OneKey Recovery akan dipanggil dan berjalan untuk mem-backup data yang ada di partisi C. Backup bisa dilakukan ke partisi D, memori eksternal, CD/DVD, dan flash disk.

Sebaliknya bila tombol OneKey Recovery ditekan pada saat notebook mati, maka sebuah sistem operasi Windows PE (Preinstalled Environment) yang disimpan disebuah partisi khusus akan terpanggil untuk kemudian menawarkan melakukan recovery dari CD/DVD.

Menutup aplikasi ini atau mematikan notebook akan mengeluarkan dari proses backup atau restore.

Rahasia dari OneKey Recovery ini ada pada partisi khusus hard disk notebook. Partisi khusus itu sudah ada walaupun Lenovo tidak dilengkapi preinstalled OS. Bila mengganti hard disk karena ingin kapasitas yang lebih besar atau karena rusak, maka pengguna harus pergi ke service center Lenovo untuk minta dibuatkan partisi khusus tersebut.

Perlu diperhatikan agar pengguna tidak mengubah besar partisi atau memformat seluruh hard disk saat melakukan instalasi OS, sebab akan membuat OneKey Recovery berhenti bekerja.

Aplikasi ini umumnya sudah ada pada notebook dengan sistem operasi Windows terpasang dari pabrik. Sedangkan notebook tanpa sistem operasi Windows bisa menginstall aplikasi ini dari CD driver yang disediakan.(berbagai sumber)

langkah backup
- Instal One Key Recovery. Software ini biasanya sudah terinstal pada notebook dengan sistem operasi Windows terpasang dari pabrik. Sedangkan untuk notebook tanpa sistem operasi Windows, bisa menginstall aplikasi ini dari CD driver yang disediakan atau download di website Lenovo.
- Setelah terpasang, buka OneKey Recovery Software kemudian pilih system backup. Setelah proses selesai bisa dipindahkan ke partisi D, memori eksternal, CD/DVD, dan flash disk.

langkah restore
- Pastikan laptop dalam keadaan mati
- Tekan tombol One Key Recovery (jangan menggunakan tombol power)
- Tunggu hingga proses loading selesai, dan akan muncul kotak dialog ‘Lenovo OneKey Rescue System 7.0’, lalu pilih ‘OneKey Recovery’
- Langkah pertama, pilih task, pilih ‘Restore from initial backup’ kemudian ‘next’. Selanjutnya klik ‘start’ untuk memulai proses restore
- Tunggu hingga proses restore selesai, lalu klik ‘ok’ atau ‘exit’, kemudian restart laptop. Proses restore selesai.

sumber : http://aceh.tribunnews.com/2012/05/12/maksimalkan-onekey-recovery-di-lenovo

25 comments:

saya baru beli laptop lnovo, karena masih belum paham, saya coba membuat partisi di drive C yang memang masih keliatan gede kapasitasnya (400an GB) namun setelah restart ternyata proses partisi tidak berjalan sebagaimana mestinya. malah error dan ada file winload yang dinyatakan hilang. Saya coba browsing dan saya coba OneKey Recovery yang saya pastikan masih ada di drive D nya. Namun tetap saja gagal dipanggil. Yang mau saya tanyakan apakah folder yang berisi OneKey Recovery dan lengkap dengan drivernya tersebut bisa kita copy ke flashdisk dan kita panggil lewat flashdisk?? karena sebelum kejadian itu saya sempat membuat file zip untuk folder bawaan toko tersebut. Mohon pencerahannya suhu..Makasih jika bisa membalas

terima kasih telah bertanya mas sunardi. sya akan coba membantu menjawab pertanyaannya. saya sendiri pengguna lenovo. kalo untuk pembelian awal (belum membuat sendiri backup nya) sya rasa fitur backup windows bukan di drive D, tetapi ada dipartisi hidden/tersembunyi (kurang lebih spacenya 14 GB). klo yang di drive D sya rasa hanya berisi driver saja. Jika memang ketika beli sudah ada folder recovery nya (file recovery berformat .wsi) bisa saja di panggil dari drive eksternal (flashdisk dll). saya sendiri sudah mencoba fitur ini 3x .1x memanggil dari partisi tersembunyi/hidden (kembali ke windows awal bawaan ketika beli) dan 2x dari drive D (backup buatan sendiri)

saya habis recovery notebook lenovo tetapi selesai recovery data d disk D dan E hilang . malah partisi yg awalnya ada 3 , C, D dan E . setelah di recovery hanya ada C dan D.
apa penyebab hilangnya data tersebut ?
apa masih bisa dikembalikan lagi ?
trimakasih

saya habis recovery notebook lenovo tetapi selesai recovery data d disk D dan E hilang . malah partisi yg awalnya ada 3 , C, D dan E . setelah di recovery hanya ada C dan D.
apa penyebab hilangnya data tersebut ?
apa masih bisa dikembalikan lagi ?
trimakasih

@yoga.. untuk kasus ini lom pernah ane temuin. ane biasa cuma recovery system c, kalo data d ane backup dihardisk laen. masalah data yang hilang sepertinya tidak bisa dikembalikan melihat jumlah partisi sudah berubah.

mas, saya baru beli laptop lenovo Y460. tetapi button onekey thater nya kok tidak berfungsi y? mohon solusi nya. makasih y mas

@syarli mohon maaf sebelumnya, ane baru denger tentang button onekey thater. tapi klo untuk onekey recovery memang harus diinstal dulu softwarenya baru buttonnya berfungsi.

mau tanya fitur ini masbro,.
saya baru beli lenovo Z40-70

laptopnya sudah terinstal win 8 original, trus ada kaspersky licensi 1 tahun.
cuman di laptop ini partisi HDD nya kurang sreg sama saya.
drive C: partisinya 880 GB sedangkan drive D: nya cuman 22 GB

saya rencana mau instal ulang/partisi ulang,. misal C 400 GB dan sisanya drive D.
klo misal system nya saya back up pake fitur ini,. trus saya instal ulang dan partisi ulang HDD nya.
apakah nanti saat restore,. win 8 dan Kaspersky (dan software lainnya) nya balik lagi seperti sedia kala??

thanks

@archemist klo untuk sekedar mengubah partisi gunakan software easeus partition manager saja. ya mungkin untuk jaga2 sebelum partisi ulang HD sebaiknya dibackup terlebih dahulu C nya (sytem dan aplikasi). lihat space HDnya juga bro. klo C yang ingin dibackup ternyata spacenya lebih besar dari D yang sekarang 22gb ya gunakan eksternal local drive. klo sudah dibackup nanti klo direstore os dan software lainnya masih normal seperti sebelum backup selama file backup-an tidak korup. klo waktu restorenya sudah lebih dari setahun ya mungkin kasperskynya sudah tidak licence. oia coba lihat disk management klo ada partisi hidden (yang tidak terbaca di explorer) kemungkinan itu adalah partisi backup dari pabrikannya bro. partisi yang itu jangan dirubah/dihapus.

Gan mau tanya nih kan hdd ane baru gara gara rusak.sebelumnya ane udh ada partisi hidden recovery di hdd lama.apa bisa partisi hidden nya di pindahin ke hdd yg baru?

@zen.. selama partisi hidden itu terbaca bisa saja memindahkan file2 yang ada didalamnya

Gan maaf ane mau nanya ane br beli laptop lenovo g40 br brapa bulan dipake sekarang suka mati mati sendiri itu terjadi sering bget
Penyebabny dr apa ya gan
Mohon pencerahanny

@Kurniawan wawan maaf kurniawan memakai laptop Lenovo G40-45?
dan megunkana sistem win 8 / 8.1

kalo laptop lenovo G40-45 cara penggunaan one key recoverynya gmn?saya cek tombol one keynya kok tidak ada..
terima kasih

gimana dan dimana cara install nya gan...

trims

Sya beli netbook ideapad 100s yg mau sy tanya ketika sy menggunakan tombol onekey recovery netbook sy jd blank ga ada hitam cuma ada tanda panah aja kaya lg loading sy tunggu sampe 2 jam mash gitu aja,apa yg harus sy lakukan selanjutnya? Terina kasih...

Sya beli netbook ideapad 100s yg mau sy tanya ketika sy menggunakan tombol onekey recovery netbook sy jd blank ga ada hitam cuma ada tanda panah aja kaya lg loading sy tunggu sampe 2 jam mash gitu aja,apa yg harus sy lakukan selanjutnya? Terina kasih...

fery firmansyah lembiru aja mas.pasti berhasil :D :D

Klo restore intial backup apakah data d ikut terhapus?

Assalamu'alaikum,mau bertanya,, saya baru membeli notebook lenovo memori RAM 2 gb, tp saat di aktfkan yg ada hnya partisi C, dgn ukuran 30 gb, bgmana cara mencari partisi yg lain?? mhon pnjelasannya,, trima ksh

Mohon maaf mau bertanya. Saya mempunyai laptop lenovo z370 dengan sistem operasi win 7 ultimate. kebetulan dulu saya pernah merubah kapasitas drive dengan menggunakan partisi magic. dan sekarang saya tidak bisa melakukan restore via one key dengan keterangan "Cannot Find Service Partition.." setelah baca2 hal itu dikarenakan adanya perubahan kapasitas di drive C. Mohon solusi nya bagi para masta

maaf saya mau tanya, laptop lenovo ku g40-45, dari beli sudah ada win8 ori nya. tp gara2 kesalah nomer seri nya keganti jadi sekarang tidang ori lagi, apakah dg one key recovery bisa dikembalikan ke win8 original lagi?
lalu kalau win ori nya diinstal ulang ke win lain kalau pakai one key recovary apakah bisa kembali jga ke sedia kalah , mohon bantuanya. trimakasih

di laptop (lenovo g40-30)saya, one key recovery nya tidak ada di sebelah tombol power dan saya pun tidak tau dimana

Setelah melalui proses sampai menekan start, biasanya recovery mulai loading, tapi kali ini tidak ada loading sama sekali, kira2kenapa ya?

mohon maaf mau tanya saya pake laptop lenovo ideapad 110
saya instal ofice dan data saya ilang semua
bagaimana cara mengembalikan data saya
trimakasih

Post a Comment