Tuesday, August 26, 2014

Membuat Foto Bokeh (Blur)


Lama ga posting neh. Kali ini ada postingan baru bro. Maklum lagi punya kegiatan baru. Kebetulan sohib ane baru punya kamera DSLR. Jadi sekalian ane juga pengen tau banyak tentang fotograpi. Hal pertama yang terpintas diotak ane tuh bagaimana cara membuat foto dengan background blur. Ga pake lama ane search di om Gugel, maklum ga punya mentor langsung jadinya otodidak.
Setelah bertanya sama si om ternyata foto yang ane maksud itu namanya 'bokeh' yang dalam bahasa jepang berarti 'samar'. Awalnya cukup membingungkan memang karena harus memainkan lensa agar mendapat hasil yang diinginkan. Namun lama-kelamaan akhirnya terbiasa juga. Mungkin banyak tutorial diluar sana yang sudah dipublish oleh para master photograpy. Tapi ga ada salahnya ane berbagi juga pengalaman ane yang satu ini.
Oke langsung aja cek TKP!!

Pertama yang harus diperhatikan adalah lensa dari kamera tersebut.
Semakin besar focal lenght yang dimiliki, semakin blur juga nanti hasilnya.
Disini ane make kamera Canon 1000d dengan 2 lensa (18-55mm (lensa kit/bawaan) dan 50mm).

Kedua yaitu mengatur jarak antara kamera, objek dan background.
Semakin dekat kamera dengan objek dan semakin jauh objek dengan background maka hasilnya akan bagus. Yah nanti juga terbiasa.

Yang ketiga adalah mengatur kamera dalam mode "Av", setting lensa manual fokus ("MF").
Bisa juga dengan mode manual "M", tapi mode ini mungkin agak sulit untuk pemula karena harus mengatur exposure secara manual.

Yang keempat mengatur bukaan (Apperture) ke nilai maksimal. Pada display kamera, apperture dilambangkan dengan huruf "F" (F1.8....F.xx).
Apperture sendiri tergantung pada lensa yang dipakai. Pada lensa 18mm-55mm apperture maksimal adalah F5.6 Sedangkan pada lensa 50mm apperture maksimal bisa mencapai F1.8
INGAT nilai F kecil berarti nilai bukaan/apperture besar.

Cara mengganti apperture

Kelima tinggal mengatur dan memainkan lensa agar mendapat fokus objek yang diinginkan.
Pada lensa 50mm hanya tinggal mengatur fokus.

Namun pada lensa 18-55mm ada dua pengaturan lensa, pertama setting pada putaran maksimal yaitu 55mm kemudian atur fokusnya.

Keenam Jepret dehh.
Hasil lensa 50mm. F1.8. Jarak kamera ke objek + 60cm. Jarak objek ke background + 1m.

Hasil lensa 18-55mm. F5.6. Jarak kamera ke objek + 50cm. Jarak objek ke background + 2m.

Hasil lensa 18-55mm. F5.6. Jarak kamera ke objek + 80cm. Jarak objek ke background + 2m.

Hasil lainnya :
Hasil lensa 50mm. F1.8

Hasil lensa 50mm. F1.8


0 comments:

Post a Comment